Berapa Usang Kucing Hamil? Simak Klarifikasi Perihal Kala Kehamilan Kucing & Cirinya


Berapa usang sih kucing hamil? Mungkin pertanyaan tersebut sering diajukan oleh para pemelihara kucing pemula yang segera ingin melihat kucing kesayangannya melahirkan.





Namun sebelum itu, ada hal yang perlu diperhatikan saat kita merencanakan untuk memiliki anak kucing dari hasil perkawinan, sehingga kita siap dengan kondisi yang jauh lebih rumit, khususnya dalam hal perawatan. Perawatan yang dimaksud ialah kotoran yang lebih banyak, ongkos pakan dan perawatan yang jauh lebih besar, serta waktu luang untuk bermain bersama mereka.





Masa kehamilan kucing biasanya berlangsung antara 63 sampai 67 hari. Namun bila kita tidak tahu hari pertama kucing peliharaan hamil, cara paling kondusif dan sangat diusulkan untuk mengetahuinya adalah dengan menunjukkan range hingga 72 hari sejak prasangka kucing hamil di hari pertama.






Tips dan Cara Agar Kucing Cepat Hamil





Umumnya, kucing yang mengandung tidak menawarkan gejala atau tanda fisik kehamilan hingga usia kandungan memasuki beberapa ahad. Oleh karena itu, jika kita melakukan program khusus untuk kucing peliharaan biar hamil, maka kita harus tekun memeriksakan kondisinya ke dokter hewan terdekat supaya tidak salah perhitungan.





kucing hamil




Sebagai pemilik kucing pemula, setidaknya membutuhkan waktu sampai 3 ahad untuk mengenali tanda-tanda bahwa binatang kesayangan tersebut sedang berada dalam periode kehamilan. Intinya, dikala ada saudara atau siapapun yang bertanya tentang kucing hamil berapa bulan, maka kita cukup menjawabnya antara 63-72 hari.





Layaknya manusia, kucing juga memiliki kala kesuburan puncak. Ketika periode ini berlangsung, maka kucing betina akan mudah untuk mengalami kehamilan. Periode ini juga sering disebut selaku kurun birahi.





Kucing yang mengalami birahi umumnya akan memberikan perubahan sikap. Sebagian besar kucing akan menjadi lebih agresif, bulunya rontok, dan mendadak berisik. Ketika kucing memasuki masa birahi seperti ini, semestinya dekatkan kucing tersebut dengan musuh jenisnya. Akan jauh lebih baik lagi jika kedua kucing tersebut berada pada fase yang serupa.





Meski demikian, hal ini tidak menjadi syarat utama. Sebab faktor paling penting dalam proses kehamilan kucing ialah salah satu kucing mesti berada pada fase birahi.





Jika kita tergolong orang yang menyingkir dari kucing dalam fase birahi karena sungguh merepotkan, maka seharusnya lakukan steril sebelum fase kawin pertama kucing tersebut. Apalagi bila kita merasa bahwa tidak menginginkan kehadiran anak kucing atau spesies lain di dalam rumah.





Kenapa tindakan steril pada kucing mesti dilaksanakan sedini mungkin? Sebab, melakukan steril ketik kucing dikala telah akil balig cukup akal cuma akan menjadikannya merasa stres dan lebih menyibukkan.





Cara Mengetahui Kucing Hamil





Berikut ini yaitu beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengenali kucing kesayangan sedang hamil atau tidak melalui ciri fisik dan perilakunya, antara lain:





  • Adanya perubahan puttng kucing menjadi lebih besar dan merah setelah 15 hingga 18 hari kehamilannya. Periode ini kerap kali disebut sebagai pinking up.
  • Seperti halnya manusia, kucing juga mengalami morning sickness berbentukmual di pagi hari. Ketika kita mendapati muntah yang dikeluarkan oleh kucing terlampau banyak dan sering, semestinya segera bawa kucing tersebut ke dokter binatang terdekat.
  • Perut kandidat induk kucing akan terlihat membengkak seiring berjalannya waktu. Kita bisa memantaunya dengan meraba bab perut tersebut. Apabila terlihat dan terasa mirip sedang hamil, maka bisa dipastikan kita akan memiliki beberapa ekor anak kucing yang lucu.
  • Kucing hamil akan mengalami penambahan berat badan sekitar 1-2 kilogram di setiap bulannya.
  • Kucing hamil akan mengalami peningkatan nafsu makan dan berbanding lurus dengan pertambahan berat badannya.




anak kucing




Persiapan Kehamilan Kucing





Berikut yakni hal-hal yang perlu kita siapkan dikala sudah mengenali kucing masuk dalam kurun kehamilan, antara lain:





  1. Pastikan kondisi rumah menjadi kawasan nyaman untuk kelahiran kucing. Jika biasanya kita membiarkan kucing peliharaan keluar rumah, maka seharusnya hindari hal tersebut supaya kucing tidak melahirkan di luar area rumah.
  2. Kita mungkin akan menyaksikan kucing bersikap berlainan dalam dua ahad sebelum tanggal melahirkannya. Untuk membantu kucing merasa lebih aman, kita bisa menentukan dimana lokasi paling tepat untuk kucing bersalin. Jangan lupa untuk mengakrabkan hewan kesayangan dengan daerah atau kotak ditawarkan. Berikan kain penghangat biar kucing tidak resah dikala hendak melahirkan.
  3. Biasanya sebagian besar induk kucing betina akan berhenti makan 24 jam sebelum melahirkan. Ketika keadaan semacam ini terjadi, secepatnya bawa kucing ke area yang lebih hangat. Trik ini bertujuan supaya kucing lebih hening dalam menghadapi persalinannya.

Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi Batuk Asma Pada Ibu Hamil: Pengetahuan Dan Tips Untuk Mendukung Kesehatan Ibu Dan Janin

Using Kitchen Faucets Inwards Bathrooms (And Vice Versa)